Cara Berjumpa Venus Malam Ini


Pertemuan bulan sabit dengan Venus malam ini bisa disaksikan apabila memilih momen tepat.

iPamungkas - Venus menjadi obyek serupa bintang terang yang menampilkan wujudnya setelah senja. Sekitar 45 menit seusai matahari terbenam, planet ini akan tampak sangat memesona.

Pada skala besar, semakin kecil angka, semakin terang obyeknya. Angka negatif Venus -4,5 membuatnya sangat menyilaukan.

Venus akan tetap terang sekitar sepersepuluh dari besarnya hingga 17 Mei. Rasanya planet ini layak menerima nama dewi cinta karena tampak benerang saat musim semi di utara. Saat paling terang diperkirakan pada festival kesuburan kuno May Day.

Sinar Terang Benderang

Cahaya terang Venus akan menghiasi cahaya seiring arah matahari. Saat ini, planet akan berada di atas selama dua jam setelah kondisi sepenuhnya gelap. Tapi, pada 21 Mei, Venus memiliki jadwal kehadiran setelah akhir senja. Sepuluh hari setelahnya akan hadir lebih awal 45 menit setelah matahari terbenam.

Peristiwa Venus "melengkung" ini terjadi pada sisi orbit yang dekat dengan bumi. Posisi ini mendekatkan ke garis matahari dan bumi. Garis planet ini tampak lebih besar, sementara bagian yang menghadap kita dan diterangi matahari terlihat semakin tipis.

Bintang malam bercahaya terang ini akan terus "jatuh" hingga melintasi langsung antara matahari dan bumi pada 5 Juni 2012. Transit Venus ini berakhir pada 2117 seperti dikutip dari laman Space.com. (iP)

Sumber
Post a Comment
Thanks for your comment