Cara mengganti Repositori Baru di Ubuntu

BlogIndonesia - Distribusi Linux Ubuntu yang juga merupakan salah satu distribusi Linux yang paling banyak digunakan saat ini yang memiliki banyak daftar repositori, melalui repositori ini Kalian dapat melakukan installasi aplikasi-aplikasi yang di inginkan. Banyaknya repositori ini pun mempermudah Kalian ingin menggunakan repositori dari server mana saja yang terdekat dari area kalian. Hal ini akan mempercepat daya download aplikasi dari server repositori dan tentunya akan menghemat waktu kalian.

Tutorial kali ini adalah cara untuk mengganti repositori distro Linux Ubuntu versi apa saja mulai dari yang lama hingga terbaru karena caranya sama. Hal yang membedakan adalah alamat repositori yang disesuaikan dengan versi Ubuntu yang digunakan, untuk saat ini admin menggunakan Raring Ringtail (Ubuntu 13.04). Berikut dibawah ini cara untuk mengganti repositori baru menggantikan repositori default yang dimiliki oleh Ubuntu : Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat backup dari file sources.list yang dapat ditemukan di direktori /etc/apt, untuk membuat backup ini kalian harus mengubah diri kalian menjadi superuser (/) atau hanya cukup menggunakan sudo.
$ sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.bak
Pada saat menjalankan perintah diatas kalian akan diminta memasukkan password user yang digunakan, masukkan password kemudian tekan ENTER dan file sources.list akan di backup menjadi sources.list.bakLangkah selanjutnya adalah mencari alamat repositori lokal yang ingin di ganti kalian, kalian bisa melihatnya di artikel “Daftar Repositori Indonesia Ubuntu 13.04 (Raring Ringtail)“ untuk melihat repositori yang di inginkan. Kali ini admin akan menggunakan repositori lokal dari server Kambing. Bukalah file sources.list dengan menggunakan editor, misalnya vim, vim.tiny, atau pun nano untuk mulai mengedit.
$ sudo nano /etc/apt/sources.list
Kalian dapat menghapus semua isi dari file sources.list tersebut atau hanya menambahkan baris berikut di bawah ini di bagian paling bawah dari file sources.list. Berikut adalah daftar repositori dari server kambing :
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-proposed main restricted universe multiverse 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-security main restricted universe multiverse 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-updates main restricted universe multiverse 
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise main restricted universe multiverse
Setelah baris diatas dimasukkan, kemudian simpanlah file sources.list. Sekarang pada repositori Ubuntu kalian sudah terdaftar repositori dari Kambing dan untuk menggunakannya Kalian harus melakukan update konfigurasi dari file sources.list. Sebagai catatan saja, apapun yang kalian lakukan pada file sources.list usahakan untuk melakukan update untuk memperbaharui konfigurasinya.
$ sudo apt-get update
Biarkan saja proses update berjalan hingga selesai dan jika prosesnya sudah selesai maka pendaftaran repositori lokal pada Ubuntu kalian sudah selesai dilakukan dan siap untuk digunakan. Cobalah untuk menginstallasi sebuah aplikasi sebagai ujicoba apakah repositori lokal Ubuntu kalian sudah berjalan dengan semestinya. 

Sekian tutorial Info Linux yang admin berikan, jika sudah bisa jangan lupa untuk berbagai dengan yang belum bisa dan apabila ada kesulitan dalam menjalani tutorial silahkan hubungi Admin, Terima Kasih dan Selamat mencoba.




Diperdayakan Oleh : Info Linux
Post a Comment
Thanks for your comment