Mengatasi GRUB Hilang dan GRUB Rescue pada Linux

BlogIndonesia – Diantara sahabat sekalian mungkin ada yang menggunakan Operating System (OS) Linux atau menggunakan dual boot OS, disini admin SUAIQ menggunakan dual boot OS yaitu Windows 8.1 dan Linux Ubuntu 12.04. Linux adalah operating system OpenSource yang free atau gratis digunakan oleh siapa pun kalian, Linux juga banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar untuk keamanan Informasi Teknologi-nya. Bagi pengguna awam, mungkin linux adalah OS yang rumit karna hampir seluruhnya menggunakan source code untuk berinteraksi, tapi jika kalian sudah memahami dan menikmati opensource justru itu sangat seru untuk tantangan buat kalian semua.

Dalam penggunaan dual boot OS antara Windows dan Linux, tentu pastinya ada sebuah pilihan saat akan memulai masuk ke OS tersebut, salah satunya yang termudah dan friendly adalah yang disebut GRUB singkatan dari GRand Unified Bootloader, yaitu program kecil yang menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting sehingga nantinya dapat melakukan multiple boot. GRUB sangat berguna apabila kita menginstall lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, Istilah kerennya adalah dual booting. Biasanya default sistem operasi pada menu GRUB adalah Linux Ubuntu. Istilah “default” disini artinya adalah sistem operasi yang akan dijalankan secara otomatis apabila kita tidak memilih sistem operasi lain pada daftar menu GRUB.

Dalam perjalanan admin menggunakan Linux Ubuntu, admin pernah menghadapi suatu masalah dalam GRUB, yaitu GRUB Hilang bahkan sampai “GRUB Rescue >. Disini ada 2 permasalahan yang berbeda, dimana kalo GRUB Hilang berarti kita langsung booting ke OS Windows, tetapi jika "GRUB Rescue >" berarti kita tidak bisa masuk ke OS mana pun hanya layar hitam dengan tulisan teks putih "Error : File Not Found | GRUB Rescue >"seperti pengalaman admin sendiri. Berikut admin SUAIQ akan kasih solusi untuk mengatasi 2 permasalahan tersebut :


Permasalahan Pertama (GRUB Hilang)

1. Booting menggunakan LiveUSB atau Ubuntu Live CD Ubuntu Installasi. (Disini saya menggunakan LiveUSB Ubuntu 12.04*).
*Sesuaikan dengan Linux Kalian

2. Setelah berhasil masuk ke dekstop Ubuntu-nya, silahkan buka terminal (ctrl+alt+t)

# Cek Partisi hardisk :
~$ sudo fdisk -l



Pada gambar diatas (Terminal) menunjukan bahwa lokasi installasi Ubuntu saya ada pada partisi  /dev/sda6, mungkin berbeda pada partisi kalian. 

# Mount partisi Ubuntu kalian :

~$ sudo mount /dev/sda(*) /mnt

(*)Sesuaikan dengan letak partisi Linux kalian

# Install GRUB ke partisi yang sudah di mount :

~$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda


# Update GRUB :

Proses update ini penting untuk me-refresh grub yang baru saja kalian install.
~$ sudo update-grub


3. Langkah terakhir, restart PC/Laptop sahabat untuk melihat hasil nya apakah Grub yang tadi sudah di install berjalan baik saat booting atau belum.

~$Catatan! Kalau cara diatas belum berhasil (kadang-kadang muncul pesan /usr/sbin/grub-probe: error: cannot stat `aufs'), maka yang harus Anda lakukan adalah : 
~$ sudo mount /dev/sda1 /mnt 
~$ sudo mount --bind /dev /mnt/dev
~$ sudo mount --bind /proc /mnt/proc 
~$ sudo mount --bind /sys /mnt/sys 
~$ sudo chroot /mnt 


~$ update-grub 
~$ grub-install /dev/sda 
~$ grub-install --recheck /dev/sda 
~$ exitsudo umount /mnt/dev/pts 
~$ sudo umount /mnt/dev 
~$ sudo umount /mnt/proc 
~$ sudo umount /mnt/sys 
~$ sudo umount /mnt 
Kemudian jalankan kembali ~$ sudo update-grub sampai partisi Windows kalian dikenali. Kalau keluar pesan sebagai berikut : Found Windows 8 (loader) on /dev/sda* 
Yap, GRUB kalian sukses di recover.


Permasalahan Kedua ("GRUB Rescue >")

Untuk masalah GRUB Rescue sahabat sekalian tidak perlu repot-repot menggunakan liveUSB atau live CD installasi karena kita bisa langsung saja ketik perintah pada GRUB Rescue tersebut, berikut langkah perintahnya :

1. GRUB Rescue > ls 
2. GRUB Rescue > set prefix=(hd0,6)/boot/grub 
3. GRUB Rescue > set root=(hd0,6) 
4. GRUB Rescue > set 
5. GRUB Rescue > ls /boot 
6. GRUB Rescue > insmod /boot/grub/linux.mod 
7. GRUB Rescue > linux /vmlinuz root=/dev/sda* ro 
8. GRUB Rescue > initrd /initrd.img 
9. GRUB Rescue > boot
* Merupakan lokasi partisi linux kalian
Berikut tampilan perintah yang telah admin ketik saat GRUB Rescue :



Dan berikut adalah tampilan saat proses booting di GRUB Rescue setelah kita ketikan perintah-perintah tadi :



Taraaa! Dan akhirnya PC/Laptop sahabat sekalian bisa masuk ke booting Linux Ubuntu kembali, berikut penampakan login Ubuntu Admin SUAIQ :


Perintah diatas sampai kembali ke dekstop Linux kalian hanya bersifat Sementara, selanjutnya untuk membuat kembali seperti sahabat yang kalian inginkan, maka harus menginstall dan mengupdate GRUB secara Permanen, berikut langkah-langkahnya :
~$ sudo update-grub
~$ sudo grub-install /dev/sda
~$ sudo update-grub 
Itulah langkah-langkah untuk mengatasi 2 permasalahan dalam GRUB, selanjutnya silahkan sahabat restart PC/Laptop kalian maka GRUB kembali secara default atau kembali seperti semula, berikut penampakan nya :



Sekian cara mengatasi permasalahan dalam GRUB, jika sudah bisa jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain. Jika ada kesulitan dalam penerapan nya silahkan hubungi Admin SUAIQ, Terima Kasih...


Post a Comment
Thanks for your comment