Cara Membuat MILIS, FTP, NewsGroup, dan VOIP

Membuat MILIS

BlogIndonesia - Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.

Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers. Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.

Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com. Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri. Langkah-langkah membuat MILIS :

1. Pastikan PC/Laptop anda terhubung dengan Internet, kemudia buka browser internet anda.
2. Silahkan masukan alamat link berikut http://groups.google.com berikut tampilannya :



3. Kemudian dihalaman tersebut kita Click tombol "CREATE" yang berwarna merah, maka akan keluar tampilan sebagai berikut :





4. Lalu isilah Nama Group, Group email, Deskripsinya, dan sesuaikan dengan ketentuan lainnya. Jika Semua terisi, kita pilih clik tombol "CREATE" sebagai berikut :




5. Setelah itu anda akan mendapatkan kotak dialog Popup Captca seperti berikut :




6. Jika sudah memasukan kode verifikasinya, kita akan dibawa ke halaman  berikut, disini kita disuruh mengisi NickName Akun kita atau bisa juga kita Langsung memilih menu "Keep My Original Setting" seperti gambar berikut :





7. Milis "FTI BUDI LUHUR" telah Selesai dibuat, selamat mencoba!




Selamat mencoba membuat Milis, bila ada kesulitan silahkan hubungi Admin.



Membuat FTP

Protokol pengiriman berkas (bahasa Inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Cara kerja protokol FTP:
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Berikut langkah-langkah membuatnya :

1. Download dan Install FileZilla Server terlebih dahulu disini
2. Setelah di install maka otomatis akan keluar tampilan dibawah ini yang menyatakan Server Address dan Port nya, sebagai berikut :



3. Kemudian Klik OK pada Jendela windows tersebut maka muncul tampilan sebagai berikut yang menyatakan kita telah terkoneksi :




4. Setelah selesai, Klik EDIT pada menu atas, untuk membuat Group nya, jika sudah benar maka akan keluar tampilan sebagai berikut, lalu Klik tombol "Add" untuk membuat baru :




5.  Kemudian jika anda telah mengklik tombol Add, maka ada jendela popup yang akan muncul untuk mengisi Nama Group yang akan dibuat, seperti berikut :




6. Jika sudah maka Group kita akan terlihat di kanan atas kolom, lalu klik OK untuk menyatakan selesai, seperti dibawah ini :




7. Jika sudah, selanjutnya anda buka cmd atau command promp di windows anda, caranya dengan RUN lalu ketik CMD, kemudian masukan sebagai berikut "ftp 127.0.0.1" (tanpa petik), jika tampilan seperti dibawah ini maka FTP anda berhasil dibuat, jika user anda banyak maka akan dapat mengetahui address user yg lain.




Selamat mencoba membuat FTP, bila ada kesulitan silahkan hubungi Admin.




Membuat NewsGroup


Newsgroup adalah aplikasi di internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.  Biasanya, anggota newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap sebagai bulletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja, atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas Chat (Internet Relay Chat atau IRC). Newsgroup juga dapat kita manfaatkan untuk menyampaikan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok. Berikut langkah membuatnya :

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah men-download dan install NewsGroup Commander terlebih dahulu, file nya ada disini
2. Jika selesai install, jalankan NewsGroup Commander tersebut, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini, lalu Klik New NNTP seperti berikut



3. Kemudian akan keluar windows popup seperti dibawah ini, yang harus kita isi dibagian General, berikut tampilannya




4. Pada Tab selanjutnya yaitu Newsgroup, anda Klik Add kemudian isikan Nama NewsGroup anda maka hasilnya sebagai berikut :




5. Tahap terakhir adalah jika Newsgroup anda terhubung oleh banyak orang maka akan keluar menampilkan News dari berbagai orang yang terhubung dengan anda, berhubung admin belum ada yang terhubung maka saat NewsGroup dijalankan tidak menampilkan apa-apa, seperti berikut ini :




Selamat mencoba membuat NewsGroup, bila ada kesulitan silahkan hubungi Admin.





Membuat VOIP

VOIP (Voice Over Internet Protocol) itu sendiri adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.Dan Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones). Disini admin menggunkan OS Ubuntu 12.04, Langsung saja berikut langkah-langkah membuatnya :

1. Instal Paket Asterisk (sebelumnya masuk dulu ke mode super user “sudo su” 
#apt-get install asterisk



2. Kemudian disaat anda installasi akan muncul popup seperti dibawah ini untuk mengisi telephone kode sesuai negara :




3. Konfigurasi File Asterisk :
#nano /etc/asterisk/sip.conf

kemudian isi kode di bawah ini ke dalam file konfigurasi sip.conf tersebut
[8001]
type=friend
context=Imam
username=8001
secret=user8001
host=dynamic
[8002]
type=friend
context=Imam
username=8002
secret=user8002
host=dynamic

Keterangan :
[8001] [8002] : adalah nomor telepon , ini adalah ekstensi yang akan di jadikan alamat atau nomor teleponnya (untuk penerapannya kita akan menggunakan aplikasi X-Lite)
type : ini untuk penandaan atau group
context : nama pada context harus sama pada ekstensi.conf
username : nama yang akan muncul ketika ada telpon masuk
secret : ini adalah password (isi sesuai keinginan)
host : biarkan saja dynamic





4. Konfigurasi "extension.conf" ketikkan pada terminal untuk masuk ke file konfigurasi tersebut
#nano /etc/asterisk/extension.conf

jika sudah masuk ketik kode di bawah ini :
[Imam]   <– (inilah yang saya maksud tadi pada context harus sama karena jika tidak VOIPnya tidak jalan
exten => 8001,1,Dial(SIP/8001)
exten => 8002,1,Dial(SIP/8002)




5. Selesai, save konfigurasinya kemudian restart program tersebut.


Selamat mencoba membuat VOIP, bila ada kesulitan silahkan hubungi Admin.


Post a Comment
Thanks for your comment