Apa itu Data Warehouse?

Data Warehouse
BlogIndonesia - Apa itu Data Warehouse? bagi kalian yang bergerak dibidang Database Administrator, mungkin sudah tidak asing mendengar kata Data Warehouse. Jadi, Apa itu Data Warehouse?  Gudang data (Bahasa Inggris: data warehouse) adalah suatu sistem komputer untuk mengarsipkan dan  menganalisis  data historis suatu organisasi  seperti data penjualan, gaji, dan  informasi lain dari operasi harian. Pada umumnya suatu organisasi menyalin informasi dari sistem operasionalnya (seperti penjualan dan SDM) ke gudang data menurut jadwal teratur, misalnya setiap malam atau setiap akhir minggu. Setelah itu, manajemen dapat melakukan kueri kompleks dan analisis (contohnya penambangan data, data mining) terhadap informasi tersebut tanpa membebani sistem yang operasional.

Ada beberapa pendapat tentang Data Warehouse :
  1. Ralph Kimballdata warehouse adalah suatu sistem yang mengekstrak, membersihkan, menyesuaikan diri, dan mengirim sumber data ke dalam suatu data penyimpanan dimensional dan kemudian mendukung implementasi query dan analisis untuk tujuan pengambilan keputusan.
  2. Menurut W.H. Inmon dan Richard D.H., data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.
  3. Menurut Bill Inmondata warehouse adalah kumpulan data yang berorientasi subjek, terintegrasi, bervariasi waktu, dan non-volatile, yang mendukung proses pengambilan keputusan oleh manajemen.
  4. Menurut Vidette Poedata warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang digunakan sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan.
Jadi, dari beberapa pendapat tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa data warehouse adalah kumpulan data dari berbagai sumber internal maupun eksternal yang dikumpulkan menjadi satu dalam tempat penyimpanan yang berukuran besar yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan, dan bersifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan non-volatine. 


Arsitektur Data Warehouse

Karakteristik Gudang Data (Data Warehouse) :
Sistem basis data ini memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dengan basis data yang lainnya. Terdapat 4 karakteristik yang menjadi ciri khas dari basis data ini, yaitu:
  1. Berorientasi kepada subjek.
  2. Data yang dimiliki terintegrasi.
  3. Data yang disimpan bersifat tetap.
  4. Dibuat dalam rentang waktu tertentu.
Kurang lebihnya sekian informasi yang bisa Admin berikan. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan langsung hubungi Admin melalui lama komentar dibawah ini atau melaluil email, Terima Kasih.
Post a Comment
Thanks for your comment