Rumitnya Kode Enigma

Enigma
BlogIndonesiaDalam perang dunia ke II (World War II) jerman dengan tentara NAZI nya kala itu mengirimkan perintah pada semua U-Boat untuk menenggelamkan kapal perang milik inggris, walaupun intelejen inggris berhasil menghadang transmisi radio yang berisikan pesan sandi yang dikirim untuk Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman), namun jerman menggunakan mesin canggih yang mengubah pesan yang mereka kirim menjadi sebuah kode yang hampir tak bisa dipecahkan, mesin ini dikenal dengan nama “ENIGMA”.

Lalu apa itu Kode Enigma? 
Kode Enigma adalah perangkat yang dikembangkan oleh intelijen militer Jerman, di mana informasi bisa dienkripsi. Enigma pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur jerman “Arthur Scherbius”

Arthur Scherbius

mesin ini adalah mesin sandi untuk mengirim pesan rahasia untuk kepentingan negara, dan pada pemerintahan Adolf Hitler, enigma digunakan sebagai alat perang dalam mengirim pesan antara Wermacht (AD) dan Kriegsmarine (AL) jerman. Nama enigma diambil dari bahasa latin “Aenigma” yg berarti “teka-teki”.

Mesin ini memiliki keyboard yg terdiri dari 26 huruf alfabet, panel lampu dengan 26 huruf, 3 set rotator, sebuah plugboard dan reflektor (pada berbagai macam varian mesin ini bisa memiliki spesifikasi yg berbeda pada masing2 bagiannya). 

Bagian Enigma

Pada dasarnya, enigma memiliki mekanisme kerja dimana ketika kita mengetikkan kata pada keyboardnya, maka kata atau kalimat kita tadi akan digantikan dan dienkripsi oleh bagian yg disebut Rotator pada enigma. Sebagai hasil dari semua kombinasi yang berbeda Enigma memiliki kemungkinan variasi kode sebanyak 159 Quintilion (18 angka nol dibelakang).  Sampai pada akhirnya, sekutu berhasil melancarkan operasi militernya untuk merebut Enigma beserta buku “Code key” nya dari tangan jerman dan berhasil memecahkan sandi2 yg mereka kirim. 

Code Key (Buku Panduan)

Bisa dilihat di dokumentasi berikut bagaimana proses enkripsi kode enigma:


Proses enkripsi yg dilakukan enigma adalah proses substitusi, dimana sebuah huruf akan digantikan dengan sebuah huruf juga, dan pergantian ini dilakukan selama beberapa kali. Meskipun hanya dengan sebuah substitusi, sebuah pesan yg dikirim dari enigma pasti akan sulit sekali di dekripsi kecuali menggunakan alat yg sama, dengan pengaturan posisi yg sama, jenis substitusi yg sama dan “code key” yg sama pula. Dan semua proses enkripsi dengan substitusi ini dilakukan dengan Wiring (melalui sambungan kabel).

subtitusi wiring

Berikut adalah Skema bagian dan Mekanisme kerja Enigma:

mekanisme enigma

Ada 5 rotor yang bisa digunakan dengan berbagai urutan posisi: Kanan, Tengah, Kiri. Masing2 rotor memiliki inner ring dan outer ring yg berfungsi untuk mengacak sinyal. Outer ring menghubungkan masing2 rotor ke rotor selanjutnya seperti pada inner ring. Inner ring bisa diputar terhadap outer ring yang bahkan bisa menghasilkan kemungkinan substitusi huruf yang jauh lebih banyak lagi.

Bagian Rotor
rotor enigma

Lalu siapakah orang yang dapat memecahkan Kode Enigma tersebut?

Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan, kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak Kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II.

Alan Turing

Singkat cerita, Alan Turing dan tim pemecah kode Britania Raya di Government Code and Cypher School, Bletchley Park, bekerja melawan waktu di masa-masa terkelam Perang Dunia II. Kelompok yang terdiri dari berbagai pakar, matematikawan, linguis, juara catur, dan pegawai-pegawai intelijen yang berhubungan dekat dengan Perdana Menteri Winston Churchill ikut terlibat dalam proyek ini. Keberhasilannya dalam mengembangkan bombe elektromekanis yang mampu memecahkan 3.000 kode Enigma dalam sehari di masa perang dan kemerosotan kariernya pada pascaperang setelah ia didakwa telah melakukan ketidaksenonohan dengan mengaku sebagai seorang homoseksual, yang dianggap sebagai tindak pidana pada masa itu. *nb. Berkat keberhasilan Alan Turing, peneliti mengungkapkan bahwa perang dunia II lebih cepat 2 tahun dari semestinya.

Berikut film yang mengisahkan tentang Alan Turing dan sebuah alat pemecah sandi enigma miliknya (Bombe):



Bagaimana? rumit bukan? tenang saja bagi kalian yang ingin mencoba merasakan menggunakan Enigma, berikut ada sebuah simulatornya lengkap dengan bagaimana mesin enigma tersebut bekerja.

Simulator Enigma


Kurang lebihnya sekian informasi yang bisa Admin berikan. Ikuti terus review berikutnya yang pastinya bermanfaat dan menarik buat kalian semua, Terima Kasih.

Post a Comment
Thanks for your comment