8 Distro Linux terbaik untuk tahun 2015

BlogIndonesia - Distro Linux atau singkatan dari Distribusi Linux, merupakan keluarga dari Unix. Tanpa kalian sadari, kini Linux ada dimana-mana. Yang menarik pada linux, yaitu memiliki bermacam-macam Distro Linux. Admin sendiri telah menggunakan Operating System Linux sejak tahun 2010. Pada awalnya menggunakan linux bagi sebagian orang cukup rumit dibandingkan OS lainnya, dikarenakan pada linux apabila kita ingin melakukan sesuatu menggunakan sebuah console. Berikut, Distro terbaik untuk tahun 2015

The Most Beautiful Distro: Elementary OS
Sudah tidak diragukan lagi untuk distro yang satu ini, sehingga admin menyebutkan bahwa distro linux ini "most beautiful". Alasannya cukup simple, Elementary OS dikembang oleh para desainer besar yang aktif di dunia Open Source, sehingga mempercantik dari setiap sudut pada distro Elementary OS ini.

Elementary OS

Elementary OS menurut admin juga salah satu distro yang elegant karena terinspirasi dari Mac OS X, terlihat jelas dari panel atas, bertema abu-abu serta pada setiap aplikasi memiliki tombol disisi kiri.

Best Desktop Distro: openSUSE
Untuk distro yang satu ini, kenapa dapat dibilang "Best Desktop Distro" karena openSUSE sendiri merupakan distro yang handal dalam hal-hal encoding video, editing gambar, dll. openSUSE juga memiliki sebuah alat yang disebut YaST - seperti 'pusat komando' dari seluruh PC dan kalian dapat mengontrol hampir setiap aspek itu.

Open SUSE

Sistem side-by-side melalui YaST, kini membuat openSUSE sangat mudah untuk menginstal beberapa lingkungan desktop termasuk - LXDE, Gnome, Mate, KDE, dan Xfce.

Best Distro for Personal Server: Debian
Bagi kalian yang ingin mencoba atau menjalankan server sendiri dari perangkat yang kalian punya, kalian bisa mencoba distro yang satu ini yaitu Debian. Kenapa admin memilih Debian? karena Debian dikenal karena fondasi rock-solid, yang memungkinkan tidak terjadi kesalahan pada server Debian.

Debian OS

Best Laptop Distro: Ubuntu MATE
Distro yang satu ini cukup populer bagi kita. Laptop pada umumnya, spesifikasinya tidak sekuat dengan PC, oleh karena itu admin merekomendasikan Ubuntu MATE sebagai "Best Laptop Distro". Berdasarkan info dari Ubuntu, versi MATE juga membuat sangat mudah untuk berurusan dengan perangkat keras sejenis proprietary.

Ubuntu MATE

Selain itu, MATE menawarkan keseimbangan besar antara kinerja dan penggunaan sumber daya secara efisien. Dari sisi antarmuka MATE dinilai ramah, tidak ada kurva, dan terlihat sangat pas pada laptop dari segi kebutuhannya.

The Most Customizable Distro: Arch Linux
Arch Linux merupakan distribusi terbaik ketika memilih sesuatu distro yang benar-benar di bawah kendali pengguna, di mana distro yang memainkan ulang dari 'distributor' tanpa menambahkan patch sendiri untuk proyek-proyek hulu.

Arch Linux

Ketika kalian ingin menginstal Arch Linux, kalian benar-benar membangun seluruh OS kalian sedikit demi sedikit dan memilih hanya komponen-komponen yang kalian butuhkan, untuk menjaganya agar tetap ramping dan dapat dioptimalkan untuk pekerjaan. Karenanya hal ini memerlukan pengguna untuk sepenuhnya mampu mengelola distro Linux.

The Best Distro for Kids: Sugar
Sugar merupakan distro linux berbasis Fedora yang ditujukan untuk pendidikan. Disini admin memilih sugar tidak hanya karena perangkat lunaknya untuk anak-anak, tetapi karena pengembang yang mendukung distro ini mempunyai tujuan yang utama yaitu untuk menciptakan sebuah platform untuk pendidikan.

Sugar OS

The Best Distro for Enterprise: SUSE Linux & Red Hat
Red Hat dan SUSE adalah dua raksasa dunia Linux yang telah memberikan kontribusi besar-besaran untuk mayoritas proyek open source, termasuk kernel linux itu sendiri. Red Hat juga telah menunjukkan kehati-hatian dan mentransformasikan dirinya dari perusahaan klien-server untuk sebuah perusahaan mobile cloud. Sementara SUSE mungkin berjuang dengan perubahan pemiliknya (dari Novel ke Attachmate ke Micro Focus), Red Hat memperkuat posisinya melalui akuisisi (seperti Pakan Henry) dan bekerja sama dengan platform berkembang lainnya seperti OpenStack.

Red Hat

Sementara Red Hat adalah perusahaan pertama yang mendaftar lebih dari satu miliar dolar dalam pendapatan melalui 'murni' produk open source, untuk SUSE tampaknya berjuang untuk bertahan hidup di bawah Novell. The NetWare membuat pisah (seperti Sun Microsystems) antara solusi milik mereka sendiri yang bersaing dengan solusi open source SUSE itu. Sementara pasar SUSE Linux tumbuh, NetWare telah menjadi kewajiban. Ketika Attachmate membeli dari Novell, mereka dipisahkan SUSE Linux dari Novell, membuat mereka divisi independen untuk lebih fokus pada pasar Linux.

Keduanya, SUSE dan Red Hat dikenal yang terbaik dari bakat berkembang biak dan sistem pendukung yang sangat profesional bagi pelanggan. Bahkan jika tim penjualan mereka saling bersaing untuk meraih pelanggan, pengembang mereka bekerja sama untuk menciptakan dan memperkuat tulang punggung kerajaan Linux.

The Best Distro for Old Hardware: Lubuntu
Dari diantara kalian pasti masih bayak yang menggunakan produk hardware lama dalam laptop/PC nya. Apabila keuangan kita minim dan ingin memanfaatkan laptop kita, sebaiknya kalian menggunakan nya dengan OS Linux yang lingkungan desktop nya LDXE, seperti Lubuntu.

Lubuntu OS

Lubuntu, berkat Ubuntu yang akan bekerja dengan baik pada perangkat keras kalian yang sudah lebih tua. Karena ada versi LTS dari Lubuntu, kalian dapat menginstal 14,04 dan akan mendapatkan dukungan selama 3 tahun, tidak perlu meng-upgrade setiap enam bulan. 



Diatas adalah beberapa distro terbaik untuk menyelesaikan solusi yang kalian butuhkan dari Sistem Operasi Linux. Silahkan kalian tentukan sendiri mana distro linux yang cocok dengan pekerjaan kalian, sekian informasi yang dapat admin bisa sampaikan.

Post a Comment
Thanks for your comment