Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat

Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat
BlogIndonesia - Di era teknologi modern saat ini, ketika mendengar kata mobile, kalian sudah tidak asing lagi dengan teknologi 4G. Yap, saat ini merupakan masa dimana generasi 4G dapat kita rasakan, dan hampir semua mobile generasi terbaru sudah mengusung teknologi 4G. Lalu dengan layanan 4G yang tersedia sekarang, bagaimana-kah cara kalian untuk membangun ide yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas? Berikut, simak tips dari saya mengenai ide membangun generasi 4G yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat. (baca juga: Baru! Friendster karya anak Bangsa)

Sebelumnya, taukah kalian apa itu 4G? 4G merupakan singkatan dari Fourth-Generation Technology, teknologi ini dikembangkan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G dan 2G. Teknologi 4G sendiri terbagi menjadi 2 yaitu WiMAX (Korea Selatan) dan LTE (Long Term Evolution) (Swedia). Hebatnya, sistem 4G menyediakan solusi IP yang dapat menerima suara, data, dan multimedia sampai kepada user kapan saja dan dimana saja, dengan data yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Banyak hal Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat dari Generasi 4G, berikut ada beberapa ide dari adanya teknologi 4G yang dapat saya berikan diantaranya:

1. Online Training
Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat
Pelatihan Online di masa sekarang sangat dibutuhkan, kenapa demikian? Pelatihan Online dibutuhkan untuk berbagi ilmu (sharing knowledge) yang bermanfaat kepada orang banyak yang bahkan kita tidak mengenalnya, tapi kita dapat menyampaikannya agar orang tersebut bisa memanfaatkan ilmu yang kita berikan dengan baik dan juga dapat men-sharing kembali ilmu tersebut ke masyarakat luas, sehingga apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat kapanpun dan dimanapun. Seperti sebuah pepatah "Sampaikan walau hanya Satu Ayat!".

Dari pengalaman saya sebagai pegiat ICT, sekarang ini banyak masyarakat yang ingin mempelajari hal baru melalui streaming Youtube. Nah, dengan memanfaatkan kecepatan teknologi 4G masyarakat tidak perlu menunggu orang lain untuk meng-upload video pelatihannya, karna kini secara realtime masyarakat langsung bisa bertatap muka kepada si pemberi pelatihan dan dengan mudah bertanya-jawab seputar hal baru tersebut.

Semoga dengan banyaknya pelatihan online yang bermunculan, masyarakat di daerah-daerah dapat merasakan manfaatnya serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungannya.

2. E-commerce
Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat
Salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian bangsa adalah dengan cara E-commerce. Dalam dunia digital saat ini peran e-commerce sangat menjanjikan, karna orang tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli barang tertentu atau sebaliknya orang tidak perlu keluar rumah hanya untuk menjual barang hasil kerajinannya.

Apa sih yang menyebabkan e-commerce terpilih sebagai salah satu ide membangun generasi 4G yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat? Melihat dari ide sebelunya yaitu Pelatihan Online, betapa sangat relasinya antara pelatihan online dengan e-commerce, ko bisa? Tentu bisa! Saya ambil contoh, apabila ada masyarakat desa tertentu saat ini sedang ingin menambah penghasilannya dengan berjualan, sedangkan dia tidak tau harus berbuat apa karna tidak adanya keahlian yang dimilikinya, oleh sebab itu dengan adanya pelatihan online si masyarakat tersebut dapat memiliki keahlian yang sebelumnya tidak dimiliki dan selanjutnya memanfaat kan keahliannya tersebut dengan cara e-commerce.

E-commerce tidak selalu kalian harus membuat kerajinan untuk dijual, hal mudah yang kita bisa lakukan adalah mengumpulkan atau mengunjungi daerah para pengrajin berbagai hal dan mengajak kerjasama untuk hasil kerajinannya tersebut kalian bantu jual dengan cara e-commerce, dengan begitu secara tidak langsung kalian juga membantu meningkatkan perekonomian mereka.

3. Internet of Things (Voice)
Internet of Things memang sedang berkembang akhir-akhirnya, bukan tidak mungkin 5-10 tahun kedepan semua akan terhubung dengan internet. Lalu bagaimana teknologi 4G dapat berperan dalam Internet of Things?
Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat
Nah, pada umumnya IoT menggunakan kecepatan sebuah internet, namun sayang rasanya kalo di generasi 4G ini kita hanya memanfaatkan kecepatan internet-nya saja. Dalam seminar yang diadakan Selular.id dan Smartfren di kampus Budi Luhur kemarin, saya menangkap sebuah penjelasan mengenai VoLTE (Voice Long Term Evolution). Dengan hadirnya layanan VoLTE dari Smartfren saya berspekulasi bahwa layanan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin tidak hanya untuk berkomunikasi.
Ide Membangun Generasi 4G yang Kreatif dan Bermanfaat bagi Masyarakat
Ide menariknya adalah menerapkan suara (voice) untuk Internet of Things, uniknya setiap suara manusia itu berbeda-beda, oleh karna itu ini dapat dimanfaatkan untuk keamanan dari konsep Internet of Things itu sendiri, banyak hal yang kita bisa manfaatkan dari hadirnya VoLTE dalam konsep IoT bagi masyarakat diantaranya yaitu kalian dapat menggunakan layanan VoLTE untuk memberikan informasi bencana atau hal krusial lainnya kepada keluarga atau lingkungan sekitar dengan cepat dan jernih, untuk di kota-kota besar memang kurang begitu dirasakan manfaatnya, tapi bayangkan jika kalian berada di daerah terpencil? sungguh sangat bermanfaatnya layanan VoLTE.

Conclusion
Saya mengakui banyak kekurangan dari semua ide yang saya berikan diatas, tinggal bagaimana kita membangun bersama mengembangkan ide-ide yang ada, hal terpenting menurut saya adalah bagaimana sebuah teknologi dapat merata di berbagai daerah sehingga masyarakat dapat memiliki keterampilan dan keahlian dengan memanfaatkan teknologi 4G, bayangkan apabila di era generasi 4G sekarang hanya masyarakat kota-kota besar saja yang merasakan manfaatnya? akan terjadinya ketimpangan sumber daya di negara Indonesia. Bersyukur Smartfren seperti dikutip dari seminar yang diadakan kemarin telah memiliki jaringan 4G di berbagai daerah bukan hanya kota besar. Kedepan semoga semua masyarakat Indonesia dimanapun berada dapat merasakan "Apasih dan Bagaimana itu 4G?".

Post a Comment
Thanks for your comment