Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?

Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
BlogIndonesia - Sebuah generasi bisa dikaitkan dengan karakter dan sifat seseorang. Belakangan ini santer terdengar orang yang rindu akan Generasi90an, akibat perkembangan zaman yang semakin pesat khususnya dibidang teknologi. Kalangan yang rindu akan Generasi90an di dominasi oleh orang yang lahir diantara tahun 1990-1999. Namun kali ini saya tidak akan membahas Generasi90an, melainkan Generasi X Y Z. Setelah keluarnya teori generasi (Generation Theory) menurut para ahli, pengelompokan generasi menjadi Generasi Boomer, X, Y, Z dan Alpha sebagai generasi terbarunya. Generasi X Y Z merupakan peralihan nama yang dibuat para ahli berdasarkan periode masa tertentu. Pertanyaannya sekarang adalah diantara Generasi X Y Z, Kalian yang mana? (Baca juga: Ide Membangun Generasi 4G)

Pada dasarnya Generasi X Y Z dan Alpha identik dengan perkembangan teknologi di masanya. Sebenarnya disetiap generasi tersebut memiliki banyak teori, tetapi disini saya akan mengambil secara umum mengenai generasi Boomer X Y Z dan juga Alpha.

Generasi Boomer
Taukah kalian bahwa Generasi Boomer merupakan generasi kakek - nenek atau bahkan orang tua kalian, atau biasa dikenal dengan Generasi Baby Boomer. Generasi Boomer lahir disekitar tahun 1946-1964 atau pada tahun ini usianya antara 51-70 tahun. Lalu bagaimana dengan teknologi dimasa itu?
Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
Mereka yang lahir dan besar pada era Generasi Boomer belum mengenal teknologi. Untuk saat ini pun apabila mereka bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa kini, bisa dikatakan Hebat! karena pada dasarnya seusia mereka saat ini sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Generasi X
Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
Generasi X atau sering disebut dengan istilah "The Baby Bust" merupakan generasi yang lahir disekitar tahun 1965-1980 atau pada tahun ini usianya antara 36-50 tahun. Pada generasi teknologi sudah mulai bermunculan, diantaranya komputer, internet, dll. Generasi X merupakan peralihan dari teknologi mekanik atau analog menjadi teknologi serba digital, namun pada era Generasi X ini juga mereka merasakan yang namanya internet lemot, sehingga bisa dibilang pada masa kini Generasi X sangat menikmati internet yang sudah mulai cepat.

Generasi Y
Generasi Milenial merupakan sebutan populer untuk Generasi Y, yang lahir disekitar tahun 1981-1995 atau pada tahun ini usianya antara 21-35 tahun, dan saya sendiri termasuk Generasi Y. Dimasanya ini, teknologi mulai berkembang pesat, sebut saja sms, email, chating, dsb. 
Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
Generasi Y adalah generasi yang multitasking, contohnya belajar sambil mendengarkan musik, dan yang paling sering adalah bermain game tanpa perlu baca petunjuk, itulah Generasi Y. Generasi Y merupakan generasi yang dapat mengikuti trend seiring pesatnya perkembangan teknologi. Pada umumnya generasi ini mendominasi sebagai pekerja didalam negeri.

Generasi Z
Generasi Z atau yang dikenal dengan istilah iGeneration, merupakan generasi yang lahir disekitar tahun 1996-2010 atau pada tahun ini usianya antara 6-20 tahun. Di masa Generasi Z internet sudah mulai berkembang dengan sangat baik, sehingga pada Generasi ini disebut juga iGeneration. Pada Generasi Z ini, mereka sudah terbiasa melihat orang lain menggunakan gadget, sehingga sangat mudah untuk Generasi Z ini beradaptasi dengan teknologi.
Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
Streaming sampai aktif di sosial media merupakan hal yang biasa dilakukan oleh Generasi Z, bahkan bisa dibilang 2 aktifitas tersebut sudah sangat sulit untuk ditinggalkan dari keseharian. 

Generasi Alpha
Generasi ini bisa dibilang generasi kelahiran yang merasakan teknologi sudah mulai canggih, Generasi Alpha merupakan generasi yang lahir disekitar tahun 2011-2025, atau pada tahun ini usianya dibawah 7 tahun. Di masa Generasi Alpha ini mereka sudah disuguhkan bahkan diajarkan kedua orang tua mereka dengan berbagai teknologi canggih (smartphone, tablet, dll) hal itu sudah menjadi bagian dari sehari-hari.
Generasi 90-an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?
Di prediksi, mereka yang lahir di Generasi Alpha menyimpan semua datanya secara online, bisa kita lihat dari perkembang zaman belakangan ini dengan teknologi cloud computing.

Dan bukan hal yang tidak mungkin, pada Generasi Alpha kemajuan teknologi yang lebih super canggih dari saat ini bisa lahir ditangan Generasi Alpha.

Generasi 90an atau Generasi X Y Z, Kalian yang mana?

Pada dasarnya setiap generasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang harus kita lakukan adalah menghormati satu sama lain, terlebih di era perkembangan teknologi yang kian maju saat ini. Uniknya, perselisihan sering terjadi antara Generasi X dan Generasi Y. Perselisihan yang saya maksud disini tentunya bukan persilisihan untuk tujuan keburukan, melainkan perselisihan yang tujuannya untuk kebaikan. Dengan sedikit informasi yang saya berikan, kalian bisa jadi lebih tau kalian lahir di generasi apa.

Nah, jadi kalian termasuk generasi yang mana? Generasi X Y Z atau Alpha.

Post a Comment
Thanks for your comment