Bagaimana menjadi seorang System Analyst?

Haruskah menjadi seorang System Analyst?

bagaimana menjadi seorang system analyst?

BlogIndonesia - System Analyst, biasa disebut sebagai analis sistem komputer. Salah satu kegiatan utamanya yaitu melakukan research sistem komputer dan prosedur bisnis perusahaan untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien. Mereka menentukan apakah teknologi baru dapat membantu perusahaan, serta menganalisis biaya dan manfaat penerapan sistem baru. Selain itu, seorang analis juga dapat mengawasi peningkatan sistem komputer yang ada atau pemasangan sistem baru disamping pelatihan karyawan.

System Analyst dapat bekerja di berbagai industri. Bagi sebagian orang, lembur sering terjadi. Analis dapat bekerja secara langsung untuk satu perusahaan atau dipekerjakan oleh perusahaan konsultan komputer. Meskipun beberapa system analyst kerja dapat dilakukannya secara independen, tetapi sebagian besar pekerjaan mereka memerlukan kolaborasi dengan profesional IT lainnya. 

Career Requirements

Degree Level Bachelor's degree; master's degree for some positions
Degree Field Computer science or a related field; Master of Business Administration (MBA) with a concentration in information systems
Licensure/Certification None required
Experience 3-5 years of experience or a combination of work experience and education in computer science or a related field
Key Skills Reading comprehension, critical thinking, and complex problem-solving skills, creativity and ability to work well in a team, familiarity with programming, systems evaluation, and analysis
Median Salary (2017)* Rp. 6.500.000 - Rp. 12.000.000 (Source: Qerja.com)
Nah, untuk kalian yang ingin memulai karir sebagai System Analyst, kalian memerlukan gelar sarjana di bidang komputer sains, dan tidak sedikit beberapa pencari kerja diantaranya lebih memilih Master of Business Administration (MBA) dengan konsentrasi dalam sistem informasi. Pencari kerja biasanya membutuhkan antara 3-5 tahun pengalaman atau kombinasi pengalaman kerja dan pendidikan di bidang ilmu komputer atau bidang terkait lainnya.

Berikut langkah untuk menjadi seorang System Analyst!

Langkah 1: Mendapatkan Gelar Sarjana

Banyak program gelar sarjana dalam sistem informasi komputer dirancang untuk mempersiapkan kalian bekerja sebagai System Analyst. Program yang admin maksud disini memberikan kalian pengetahuan tentang alur kerja bisnis, integrasi perusahaan, manajemen proyek dan pengelolaan data. Mata kuliah yang terkait dengan komputer dalam program ini mencakup topik seperti desain dan implementasi database, pengembangan aplikasi web, pemrograman, analisis sistem dan sistem informasi bisnis. Kalian juga dapat mengambil mata kuliah dalam manajemen proyek, manajemen keuangan dan pemasaran. 

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kalian wajib ikuti untuk mendapatkan hasil maksimal ketika lulus sebagai Sarjana:
  • Lengkapi Magang. Sebagian besar perusahaan menawarkan kesempatan magang untuk kalian yang ingin berkarir sebagai seorang System Analyst. Melengkapi magang tidak hanya memberikan pengalaman kerja di lapangan, tapi juga kesempatan berjejaring yang bisa mengarah pada karir setelah lulus.
  • Ikut Organisasi. Untuk yang satu ini, admin sangat menganjurkan kepada kalian yang ingin menjadi seorang System Analyst, terlebih di organisasi lah kita akan mendapatkan banyak kesempatan dan pengalaman, tinggalkan masa-masa kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang) kalian dan mulailah berkontribusi buat banyak orang, dan dari organisasi juga lah kita belajar untuk lebih kritis terhadap suatu masalah.
  • Ikut Kompetisi. Di masa-masa sekarang banyak sekali kampus yang mengadakan sebuah kompetisi yang gratis maupun yang berbayar. Nah, dari kesempatan ini lah kalian bisa mengasah analisa kalian, pemikiran kritis kalian, pemecahan masalah kalian, dan tentunya komunikasi dari berbagai masalah yang ada dan berbeda.

Langkah 2: Bekerja sebagai System Analyst

Perusahaan kesehatan, perusahaan swasta, dan pemerintahan pun membutuhkan seorang System Analyst. Biasanya, kalian yang ingin berkarir sebagai System Analyst diwajibkan memiliki gelar sarjana dan lima tahun pengalaman kerja di lapangan. 

Hal yang harus kalian pertimbangkan:
  • Melanjutkan Pendidikan. Karena kecepatan perubahan teknologi, para System Analyst mungkin merasa perlu untuk menyelesaikan pendidikan berkelanjutan. Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan universitas mungkin akan menawarkan materi dalam aplikasi komputer tertentu atau praktik manajemen yang dapat membantu System Analyst melakukan pekerjaan mereka.


Langkah 3: Pertimbangkan dan Ikuti Pelatihan Lanjutan

Gelar magister dan program sertifikat pascasarjana di sistem informasi komputer, tersedia. Program ini memberikan pengajaran lanjutan dalam analisis dan integrasi komputer serta bisnis. Kurikulum mereka termasuk dalam manajemen database, kecerdasan buatan, dan pemrosesan gambar digital. Selain itu, mereka mencakup topik seperti administrasi jaringan, server web, konsultasi sistem informasi dan manajemen sistem informasi proyek. Selain diatas sekarang juga sudah banyak sertifikasi online maupun offline yang diperuntukan bagi kalian yang ingin terjun sebagai System Analyst, itu semua menurut admin sudah sangat membantu dalam mendukung karir kalian. 

Keterampilan merupakan kunci untuk seorang System Analyst yang mencakup pemahaman bacaan, pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks. Kreativitas dan kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam sebuah tim. Keakraban dengan pemrograman, evaluasi serta analisis sistem. Itulah 3 faktor yang admin simpulkan untuk kalian yang ingin dan berkarir menjadi seorang System Analyst.

Post a Comment
Thanks for your comment